Ku Selipkan kata “Maaf” Dalam Untaian Kata Untuk Mamak dan Bapak

Sunday, January 5, 2014

| | |



“Kamu Harus Tegar Mila”
(Kata – kata yang harus ku tanamkan pada diriku, meskipun terasa sangat sulit)

Hari ini, saya harus membiasakan diri menyemangati diri sendiri, Membiasakan dirimu tak bergantung sepenuhnya pada orang lain. Ternyata benar apa yag dikatakan oleh kanda Anfir “tak ada manusia yang bisa hidup dalam kesendirian, ia akan melakukan berbagai cara untuk mengeluarkannya dari kesendirian itu”. Mak, Pak, Apa kabarmu disana? Disini, jauh di tanah rantau, diriku amat sangat merindukanmu. Seiring dengan rangkaian kata ini, sekali lagi ku selipkan kata maaf di dalamnya. Maaf karena saya belum sempat memakai toga yang selalu kalian impikan, maap karena saya begitu terlena dengan duniaku sendiri dan maaf atas diriku yang selalu saja menyepelekan perkataan kalian. Oia, Apa kabar dengan rumah kita? Masihkan ia seperti yang dulu? Tempat dimana kita berbagi cerita. Hufft, Diri ini selalu rindu dengan suasana itu.

Mak, pak, tidakkah kalian merindukanku, Anakmu yang jauh diperantauan ini? Aku ingin menceritakan semua keluh kesahku pada kalian, tapi jujur lidah ini begitu keluh ketika berbicara dengan kalian. Tak ingin ku menggoreskan luka sedikit pun pada kalian. Perkataan sedih seakan enggan terlontar. Kan ku simpan semua duka ini rapat – rapat, dan biarlah ini menjadi tanggunganku. Kalian sudah sangat banyak menanggung pedih akibat ulahku, aku tak ingin lagi menambah berat beban kalian.

Mak, Pak, tahukah kalian bahwa Nama Mamak dan Bapak selalu ku sebut di akhir sujudku. Aku juga yakin Mamak dan Bapak juga melakukan hal yang sama, jauh sebelum aku menyebut nama kalian di akhir sujudku. Mak, Pak, Tahukah kalian disini Allah sedang memberikan ujianNya padaku. Ia ingin aku bertambah baik, baik itu dari segi Akhlak maupun Iman. Mak, Pak, Allah begitu sangat amat menyanyangiku. Ia ingin aku tuk menghargai kesederhanaan, hidup dalam kecukupan.



…………………………………………….………………To Be Continue (Makassar, 5 Jan 2014)

0 comments:

Post a Comment